20.12.11

Keyboard Rusak

Keyboard  macet atau tidak berfungsi jangan panic dulu, karena untuk mengganti dengan keyboard yang baru  harganya lumayan mahal, maka gak ada ruginya jika mencoba trik berikut ini. Berikut ini ada tips tips dan juga alternatif sementara jika keyboard laptop anda macet atau tidak berfungsi atau rusak

Kerusakan pada keyboard laptop bisa disebabkan oleh:
Terkena cairan yang mengandung gula, soda, dan lainya,Banyak  debu yang menumpuk,Ada sisa makanan atau benda kecil yang menyebabkan terganjalnya lensa keyboard dan sebagainya.
Solusinya :
Bersihkan terlebih dahulu keyboard anda dengan menggunakan kuas yang masih bersih dan kuat,
Buka keyboard anda dan bersihkan dari kotoran dengan hati hati,Jika Keyboard anda terkena Cairan yang tentu saja sudah mongering sebaiknya membersihkanya dengan menggunakan  Cotombath dengan sedikit alkohol. Tunggu Sampai kering lalu pasang kembali keypadnya.





        Bila keyboard laptop ada beberapa tuts nya yang  mati, tapi tidak semuanya . Ada sebuah software yang bisa digunakan untuk mengatasi keyboard laptop yang rusak itu yaitu Keyboard Remapper dan salah satu software keyboard remapper yang gratis yaitu software KeyTweak. Di KeyTweak kita bisa mengganti tombol yang mati dengan tombol yang tidak kita pakai misalnya tombol tuts huruf “A” mati, dan tombol “]” masih normal maka kita bisa mengganti tombol “]” agar bekerja seolah-olah sebagai tombol tuts “A”.
Ini screenshootnya dari software KeyTweak tsb:

Alternatif yang lain Bagi anda Pengguna Windows anda dapat menggunakan On-Screen Keyboard caranya anda bisa membuka dengan membuka Start -> All Program -> Accesories -> Accesibility -> On-Screen Keyboard.

Bagi pengguna Windows 7 bisa langsung Start  >> ketik  On Screen Keyboard.atau kalau gak mau ribet ya pakai Keyboard USB exksternal saja.


 Mudah mudahan saja tidak terjadi hal seperti ini....






11 komentar:

  1. Terimakasih infonya, Mas.
    Sangat membantu, saya baru kehilangan tombol "K", tadinya saya pakai Ctrl+C dan Ctrl+V setiap kali mengetik huruf K dan itu cukup membuat saya esmosian. Sampai akhirnya masalah saya selesai dengan informasi Key Tweak dari Anda, Terimakasih banyakkkkks :)
    Engga kebayang kalau saya harus ganti keyboard laptop yang harganya bisa sampai 1jt weleh2..trims seali lagi, Mas :)

    BalasHapus
  2. mas kalo keyboar ga mau dpke,kta kompi hardware ini bermasalah,ketika di recovery windows tidak menemukan driver for your hardware,alias driver keyboard missing atau hilang,
    itu gimna benerin nya,
    pdhl keyboard bru ber umur kurang lebih 5jam lah,
    tolong bantuanya

    BalasHapus
  3. Akhirnya masalah keyboard saya terselesaikan...hanya karena debu,bikin emosi saat pengetikan...makasih mas

    BalasHapus
  4. thanks om banyak tombol gw yang tiba2 ga nyala

    BalasHapus
  5. kalo keyboard laptop brarti harus bongkar laptipnya dong

    BalasHapus
  6. terima kasih mas tutornya salam kenal ya

    BalasHapus
  7. kak, laptop saya huruf "d" gak berfungsi. tombol "delete" juga gak bisa dipake T^T)/ tapi kalo tombolnya ditekan kayak gak ada masalah. tapi setiap ditekan hurufnya gak mau keluar. saya udah coba bersihin tetep juga gak berhasil. laptopnya juga gak pernah ketumpahan minuman. kira-kira masalahnya apa ya kak?

    BalasHapus

SILAHKAN TINGGALKAN PESAN:

 
Copyright 2010 MEKANIKA KOMPUTER
Carbon 12 Blogger template by Blogger Bits. Supported by Bloggermint